JOURNAL JATENG

HBH dan Rakor Sekber IPJT Pekalongan Raya

Jurnal.5
Minggu, 30 Mei 2021, 19:01 WAT
Last Updated 2021-05-30T12:01:51Z

Pekalongan //- Dalam rangka menyambung tali silaturahmi antara Pengurus dan Anggota Sekber Insan Pers Jawa Tengah Cabang Pekalongan Raya, pada Minggu ,30 Mei 2021 diadakan  acara Halal bi Halal dan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Sekber IPJT Dewan Pimpinan Cabang Pekalongan Raya.

Acara silaturahmi dan Rakor Sekber IPJT Pekalongan  Raya digelar di Rumah Makan Kampung Bambu  Desa Kedungkebo( KBK) Kecamatan  Karangdadap 
Kabupaten Pekalongan dihadiri oleh Pengurus dan Anggota Sekber IPJT dan dari Lembaga Sosial Masyarkat(LSM) setempat.

Dalam sambutannya Ketua Sekber IPJT Pekalongan Raya mengatakan bahwa pada kesempatan yang berharga ini merupakan  sarana silaturahmi untuk saling memaafkan atas segala kesalahan baik sikap tindakan maupun ucapan yang disengaja maupun tidak disengaja.

" Acara halal bi halal ini sebagai sarana tali silaturahmi antara pengurus dan anggota serta saudara saudara dari LSM yang tentunya ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja untuk bisa saling memaafkan" ujarnya.

Lebih jauh dikatakan bahwa wartawan adalah orang yang mempunyai  tugas menyampaikan amar ma'ruf nahi munkar dimana seorang wartawan harus  berani menyampaikan kebenaran dan mencegah kemungkaran.

" Manakala wartawan melihat dan mendengar adanya penyimpangan yang dilakukan oleh oknum baik itu kades/ lurah maupun pejabat publik, seorang wartawan harus berani mengingatkan dan mencegah adanya penyimpangan yaitu dengan membuat berita yang akurat dan berimbang" terang Ali.
Selanjutnya dikatakan bahwa seorang wartawan harus dapat bekerja secara profesional yaitu  dengan berpegang pada undang undang pers dan kode etik jurnalistik.

"  wartawan dalam menulis berita jangan dengan emosi apalagi beropini. Hal ini melanggar kode etik yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah"terang Ali.

Acara halal bi halal disertai dengan rapat koordinasi terkait adanya dugaan pelecehan terhadap wartawan  dan LSM yang dilakukan oleh seorang Oknum Ketua LSM di Batang.
Adapun hasil diskusi dan rapat koordinasi adalah sebagai berikut :

1. Wartawan yg tergabung dlm Sekber IPJT harus bekerja secara profesional dan kerja cerdas berpegang UU.40/1999 dan kode etik jurnalistik.

2. Dalam menyikapi kasus Yuli Pratama secara organisasi tidak melarang anggota untuk.menghadiri undangan /musyawarah dari Sdr Sugino selaku panitia. Dipersilahkan hadir atas nama pribadi/ media masing2.

3. Selalu waspada adanya kepentingan tertentu yang  dapat menimbulkan perpecahan bahkan perlawanan antar LSM dan wartawan.

4. Menjaga dan menjalin kerjasama yg  baik antar wartawan dan LSM.
 Acara diakhiri dengan berjabat tangan saling memaafkan dan foto bersama.



Laporan : Raudi

TrendingMore