Ragam

Lintas Komunitas Id42ner Chapter Banten dan Grup 1 Kopassus Gelar Baksos di Ponpes Baitul Quran Kramat Watu

Jurnal.5
Minggu, 06 Juni 2021, 18:55 WAT
Last Updated 2021-06-06T11:55:08Z

JOURNAL NEWS. ID //- Kolaborasi ciamik  lintas komunitas Id42ner Chapter Banten, dan Grup 1 Kopassus, bersama komunitas lainnya adakan Bakti Sosial di Ponpes Baitul Quran Kramat Watu, Serang, Minggu (6/6/2021).

Dalam kondisi perekonomian yang saat ini masih belum pulih akibat deraan pandemi, id42ner Chapter Banten dan Grup 1 Kopassus tergerak untuk melakukan bakti sosial dengan mengarah kepada pesantren Baitul Qur'an di Kawasan Banten Lama yang memiliki 170 santri dengan 25 ustadz/ ustadzah.

"Kegiatan ini masih dalam satu rangkaian dengan kegiatan Ramadhan dan Anniversary id42ner ke-14. Pada kesempatan ini kami memberi bantuan berupa kitab Al qur'an, meja lipat,  masker, sarung, donasi dana pembangunan pesantren dan  rak buku,"  ucap Aswin Hasibuan selaku Ketua id42ner Chapter Banten. 


"Sebelumnya, kegiatan baksos kami cenderung bersifat seremonial. Namun kali ini kami ingin keluar dari tradisi seremoni tersebut. Kami ingin memberikan sesuatu yang positif dan memberi kesan mendalam dan tak terlupakan bagi para santri tersebut," demikian tambah Hamonangan Nainggolan selaku Seketaris id42ner Chapter Banten. 

Disadari bahwa untuk memberi dampak yang besar dan mendalam itu, akan sulit bila dilakukan sendiri. 

"Untuk itu, kami berkolaborasi dengan komunitas dan pihak lain yang memiliki visi yang sama," ucap Hamonangan.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan prosesi penebaran benih ikan nila di kolam Semar, di markas Grup 1 Kopassus. Lalu rombongan bergerak menuju pesantren di Tasikardi. Pelepasan rombongan dilakukan oleh Mayor Alexander Alan Primadi selaku Komandan Datasemen Markas Grup 1 Kopassus. 

"Saya senang dengan kegiatan id42ner Chapter Banten ini karena ada kegiatan Baksos yang bermanfaat untuk masyarakat, dan berharap kolaborasi ini tidak berhenti sampai sini saja, namun bisa berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya,"  ungkap Mayor Alex. 

Sesampainya di pesantren, rombongan disambut oleh Pengurus pesantren dan para santri. Acara dimulai dengan  sosialisasi terkait pandemi, protokol kesehatan dan merangsang minat baca bagi anak-anak pesantren.

Pada kegiatan baksos ini dilakukan oleh komunitas literasi Rumah Baca Daligo KSB dengan para tim relawannya dan dimotori oleh ibu Nita Nonci. 

Tidak hanya sampai itu, mereka juga memberikan hiburan berupa badut dan games. 

"Mengingat pada saat ini penting juga untuk memperkuat rasa solidaritas, kebersamaan, jiwa kebangsaan dan nasionalisme, maka kita bersyukur bahwa selain membantu donasi berupa rak buku, teman-teman dari Grup 1 Kopassus turut berpartisipasi dalam memberikan wawasan kebangsaan dan nasionalisme," tutur Aswin Hasibuan. 


Ustad Arifin Izzudin selaku pimpinan Pondok Pesantren Baitul Qur'an menyambut hangat kegiatan ini. 

"Kami bersyukur dipertemukan dengan komunitas id42ner, dan Insyaallah ini bisa jadi keberkahan juga bagi teman-teman id42ner dan keluarga. Ini adalah Rahmatullah, dan berharap silaturahmi ini akan berlanjut dimasa mendatang," ujarnya.

Acara ditutup dengan makan siang dan sholat dhuhur berjemaah, sebelum akhirnya rombongan id42ner pulang meninggalkan pesantren.



Laporan : (Kaji)

TrendingMore