Berita Video

Antusiasme Warga Nelayan Desa bungko lor menggelar Nadran Pesta Laut dengan hiasan pernak Pernik

Jurnal.5
Senin, 23 Agustus 2021, 06:43 WAT
Last Updated 2021-08-23T04:00:23Z


Cirebon - Jawa Barat,- Dengan tetep menerapkan protokol kesehatan, Ratusan Nelayan Desa bungko lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon. Dengan penuh suka cita menyelengarakan Pesta Laut atau Nadran yang diisi dengan ritual syukuran atas rezeki yang dilimpahkan alam kepada Nelayan setempat, ritual tersebut dilakukan dengan melarung sesajen (kepala kerbau) dan rempah rempah hasil bumi yang disajikan didalam Replika Perahu kecil, Minggu (22/08/2021). 


Kegiatan tersebut dilakukan Nelayan setempat rutin setiap tahunya, sebagai wujud para Nelayan mensyukuri hasil Laut yang melimpah  atas hasil tangkapan ikan. 


Nampak, sebelum acara larung dimulai Nelayan menggelar doa bersama dan selanjutnya  membawa Replika Perahu kecil yang beriisi sesajen untuk di larung ke tengah laut Desa setempat, terlihat  pemandangan berbeda dari hari biasanya disekitar pelataran sungai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) KUD Mina Jaka Bakti, warga Nelayan Desa setempat sangat antusiasme menyambut hajatan tersebut. Dengan banyaknya umbul umbul dan pernak Pernik menghiasi setiap Perahu  Nelayan dengan dihias pernak Pernik dan Bendera Merah putih serta hiasan gantungan makanan hasil bumi membuat Perahu namapak terlihat unik dan meriah. 


Bahkan lebih menariknya lagi pemandangan aneka jenis makanan hasil bumi digantung rapih menghiasi setiap Perahu Nelayan dengan sedemikian rupa aneka ornamen warna warni menghiasi Perahu Nelayan yang sekaligus momen tersebut dalam rangka memeriahkan Hari kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76, semoga Indonesia Tangguh dan Kita Tumbuh. 


Samsu mewakili Nelayan setempat mengucapkan terimakasih kepada semua unsur terkait Desa setempat sehingga acara hajatan Nelayan ini  berjalan dengan lancar tanpa hambatan, ujarnya. 

Walaupun masih dalam masa pandemi Antusiasme masyarakat Nelayan setempat saat melaksanakan ritual Larung dengan membawa sesajen ke tengah laut yang diiringi ratusan Perahu Nelayan termasuk Perahu rombongan Pejabat Kuwu  Desa Bungko lor Subhan, S. Sos, bersama aparatur Desa turut mengiringi acara larung ke tengah laut dengan didampingi personil Sat Pol Air dan Bhabinkamtibmas Desa Bungko lor Aiptu Moch. Irva'i mewakili Polsek Kapetakan Polres Cirebon kota serta para tamu undangan. Selama kegiatan melarung berjalan dengan tertib dan kondusif. 




Cirebon: Wadira

TrendingMore