Berita Video

Detik Detik BPD Lantik dan Sumpah Janji PPS Desa Pegagan Kidul Kec.Kapetakan

Jurnal.5
Sabtu, 28 Agustus 2021, 20:45 WAT
Last Updated 2021-08-28T14:16:58Z



Jurnal5.com, Cirebon,- Jawa Barat. pada hari Sabtu 28 Agustus 2021, bertempat di Aula Desa Pegagan Kidul, Kecamatan Kapetakan, Kab. Cirebon. Telah dilaksanakan kegiatan pelantikan Dan Sumpah janji Ketua beserta Anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS) Desa Pegagan Kidul sebanyak 9 Orang Dalam rangka Pemilihan Kepala Desa atau Pilwu Serentak tahun 2021.

Dalam kegiatan tersebut  Ketua PPS terpilih Bp. Rasika Eka Wijaya Dan Wakil Ketua beserta seksi seksi Panitia Pemungutan Suara (PPS)  resmi dilantik oleh H. Ahmad Junaedi, S. Pdi. M.Pd. Selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Pegagan Kidul, yang disaksikan langsung oleh Danramil 2021/Suranenggala Kodim 0620/Kab.Cirebon Kapten Kav Tarjo, Kapolsek Kapetakan Polres Cirebon kota diwakili oleh Kanit Sabhara Ipda Sudirno, Camat Kapetakan Drs. Raden Udin Kaenudin, Msi. Pejabat Kuwu Ds Pegagan Kidul Karyan, Babinsa Dan Bhabinkamtibmas, serta para Ketua RT. RW. Juga tokoh masyarakat setempat dengan menerapkan Protokol Kesehatan, berlangsung Aman Dan kondusif. 

Dalam sambutanya Pejabat Kuwu Desa Pegagan Kidul Bp. Karyan menyampaikan, ucapan selamat Dan selamat bekerja kapada Ketua Dan Wakil Ketua serta Seksi Seksi PPS yang telah resmi dilantik Dan diambil Sumpah janji, semoga nantinya dapat mengemban amanat yang Akan diemban oleh Ketua Dan Para Anggota PPS, sesuai dengan tupoksinya sebagai PPS Dan terutamanya kepada petugas PPS Ini harus bisa bersifat jujur Dan adil serta menjunjung tinggi Netralitas Agar Tugas yang diembanya ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan tulus Dan ikhlas, sehingga pada akhirnya nanti berjalan sukses, tertib Dan aman, serta diharapkan dalam pelaksaanaanya tidak Ada hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga dalam pelaksanaan ya nanti berjalan tanpa ekses, Ujarnya. 


Lanjutnya, Pejabat Kuwu Desa Pegagan Kidul menyampaikan permohonan khususnya kepada para Ketua RT Dan RW apabila didalam tahapan tahapan tertentu Ada kaitanya dengan Data kependudukan kita mohon agar dibantu, karena ini merupakan hak pilih bagi warga Desa khususnya warga Desa Pegagan kidul. Tandas Karyan dalam sambutanya. 

Sementara itu, Ketua BPD Pegagan Kidul H. Ahmad Junedi, S. Pdi. M.Pd. Mengatakan" Usai dilantik Dan disumpah janji, PPS ini selanjutnya Akan dibekali dengan tata cara Pembekalan Tahapan Pilwu dengan mengikuti conference video live streaming dengan system zoom metting secara virtual pada tanggal 31 Agustus 2021 mendatang. Yang Akan digelar di Aula Kantor Kecamatan Kapetakan. Tujuanya adalah agar Ada kematangan dalam melaksanakan Tugas Pokoko Dan Fungsinya sebagai PPS. Ujarnya. 

Adapun tupoksinya PPS sebagai berikut, 
- melakukan pembinaan, Dan tahapan Pilwu, berikut dengan perencanaan anggaran Dan pengajuan hingga ke Bupati Cirebon melalui rekomendasi Kecamatan, melaksanakan sosialisasi pasangan bakal calon Kuwu kepada warga, melaksanakan pendaftaran bakal calon Kuwu, penyaringan bakal calon Kuwu, penelitian syarat administrasi, menyampaikan visi misi Dan program kerja bakal calon Kuwu, serta melakukan pendaftaran pemilih Dan pengesahan daftar pemilih sementara Dan Daftar pemilih Tetap, ujarnya. 


Tahapan selanjutnya, PPS ini Melaksanakan pengundian Daftar Nomor urut bagi Calon Kuwu, Dan menetapkan tata cara pelaksanaan kampanye pemilihan Kuwu (Pilwu) , serta sekaligus menyelanggarakan kegiatan jadwal kampanye kapeda bakal calon Kuwu, menyediakan perlengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditiap RW. Maupun RT., " Katanya.

Selanjutnya, juga PPS ini Akan melaksanakan Rapat Pleno atau Rekapitulasi hasil hitung Suara Dan Menetapkan hasil Rekapitulasi penghitungan Suara serta mengumumkan hasil Pemilihan secara umum bebas terbuka, sampai dengan mengumumkan penetapan calon Kuwu terpilih dengan menyertakan hasil pemilihan secara tertulis kepada  BPD. 

Selain itu juga PPS harus segera Menyampaikan Laporan hasil pertanggung jawaban terkait dengan biaya Dan pelaksanaan pemilihan paling lambat 7 hari setelah pelaksanaan pemilihan, kepada BPD Dan Pejabat Kuwu. 

Ketua BPD menambahkan, itu merupakan Tugas pokok Dan Fungsi tanggung jawab daripada PPS. 
Kita BPD berharap mudah mudahan agar Tugas PPS ini Akan bisa berjalan dengan sesuai harapan, kita bersama. 

Adapun untuk data pemilih  Pilwu di tahun ini sebanyak Enam Ribu Tujuh Ratus Tujuh Puluh Sembilan (6.779 ) orang Ini merupakan data pemilih Desa pegagagan Kidul tahun 2021.


Sedangkan Untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Pegagan Kidul ini terdapat 15 TPS dengan jumlah pemilih per TPS maksimal 500 orang. 

Dalam pelaksanaannya nanti kita berharap kepada para PPS Desa Pegagan Kidul khususnya, agar bisa melaksanakan sesuai dengan Tugas Pokok Dan Fungsinya sebagai PPS, serta dapat menjunjung Netralitas sehingga apa yang kita harapkan bersama ini dapat berjalan aman Dan sukses," Jelas H. Ahmad Junaedi, S. Pdi. M. Pd. Selaku Ketua BPD Desa Pegagan Kidul. 


Laporan: Wadira

TrendingMore