Ragam

Evaluasi Kinerja Bintara Otonomi Khusus, Kenali Adat Istiadat Yang Ada Di Lingkungan

Jurnal.5
Senin, 23 Agustus 2021, 15:48 WAT
Last Updated 2021-08-23T08:48:15Z


Batang - Kodim 0736/Batang melalui Staf Teritorial mengadakan kegiatan Pengarahan dan Evaluasi Pelaksanaan kinerja dalam pembekalan kepada Bintara Otonomi Khusus  dari Papua. Bertempat di Koramil 02/ Limpung ,Senin ( 23/8/21 ).

Sebelum evaluasi di laksanakan kegiatan di isi dengan pemberian materi - materi oleh para Danramil yang telah ditunjuk. 

Di sampaikan Kasdim Batang Mayor Kav Haryono mewakili Dandim 0736 / Batang Letkol Arh Yan Eka Putra bahwa yang seyogyanya Dandim hadir dalam kegiatan ini, namun karena berhalangan dengan adanya kegiatan lain sehingga tidak bisa hadir.

Kasdim menyampaikan, kegiatan itu perlu adanya suatu evaluasi. Jadi kegiatan itu kalau mau berhasil harus ada perencanaan yang bagus, pelaksanaan kegiatan yang bagus kemudian ada evaluasi. Perencanaan yang bagus itu sudah merupakan 30 persen, pelaksanaan 50 persen dan evaluasi 20 persen.

" Ada beberapa pesan dari Dandim yaitu toleransi beragama, walau di Indonesia banyak berbagai agama khususnya yang ada di Batang ( Islam, Kristen, Hindu, Budha dan lainya ), itu merupakan bagian dari NKRI. Kenali adat istiadat yang ada dilingkungan, kamu berada, di Jawa tentunya berbeda dengan di Papua, kebiasaan - kebiasaan juga berbeda". Terangnya.

" Lima kemampuan teritorial agar di pelajari setiap hari sehingga dapat memahami, dengan kemajuan tekhnologi sekarang ini para Babinsa ini juga di tuntut bisa mengoperasionalkan komputer sebagai bekal setelah nanti berdinas di wilayah binaan. Jaga kesehatan, makan yang teratur, segala sesuatu harus di manage dengan baik, jangan boros dalam penggunaan uang". Tuturnya.

" Kenali adat - istiadat, ibadah sesuai keyakinan masing-masing, hidup jangan boros. Selama melaksanakan kegiatan disini paling tidak mendapatkan pengalaman dan ketrampilan, sehingga nanti apabila dinas di satuan baru mempunyai kemampuan yang unggul. Jangan bosan selalu berdoa", imbuh Mayor Kav Haryono. 

Setelah kegiatan pengarahan dan evaluasi di lanjutkan dengan memberikan bantuan sosial berupa beras kepada warga kurang mampu di sekitar Koramil 02/ Limpung.
( Raudi )

TrendingMore