Ragam

Humanitarian Report: Rangkaian Program Kegiatan DMC Selama Hari Kemanusiaan Sedunia

Jurnal.5
Jumat, 27 Agustus 2021, 22:21 WAT
Last Updated 2021-08-27T15:21:22Z

Jurnal5.Com—Hari Kemanusiaan Sedunia (World Humanitarian Day) yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2021 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang berada di tanggal 17 Agustus 2021. Hal ini memberikan warna tersendiri bagi warga Indonesia untuk turut serta dalam meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia sambil menyongsong Hari Kemanusiaan Sedunia.

Hari Kemanusiaan Sedunia pada tahun 2021 mengusung tema “The Human Race” yang menyoroti kasus dampak langsung dari darurat iklim. "Kita sedang kalah dalam perlombaan darurat iklim, namun ini adalah perlombaan yang bisa kita menangkan," ungkap Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, sebagaimana dikutip dalam laman resmi United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (UNOCHA).

Selaras dengan itu Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, unit khusus respon bencana dan kemanusiaan turut serta menyelenggarakan Hari Kemanusiaan Sedunia. Melalui tajuk “Humanitarian Connects”, adapun program-program kegiatan yang diinisiasi oleh DMC meliputi: webminar internasional, aksi bersih-bersih sungai, dan kontes seni rupa. 

“DMC mengundang sejumlah pihak untuk turut serta gotong-royong dalam membawa perubahan di momen Hari Kemanusiaan Sedunia ini. Baik dari berbagai stakeholders dan relawan atau masyarakat setempat turut serta kita libatkan. Bahwa perubahan terjadi melalui sinergi dari berbagai arah, tidak hanya dari atas lalu ke bawah. Melainkan juga dari bottom-up,” ujar Haryo Mojopahit selaku Chief DMC Dompet Dhuafa melalui pesan singkat (27/8/2021).

Webminar internasional dilakukan selama dua kali dengan tema “Volunteer Revolution”(20/8/2021) dan “Get Action on Humanitarian During Pandemic”(25/8/2021). Beberapa nama yang turut meramaikan acara ini antara lain Haryo Mojopahit (Chief DMC Dompet Dhuafa), Fandi Yusuf (GM Resource Hub DMC Dompet Dhuafa), Bayu Gawtama (Founder Sekolah Relawan), Chiki Fawzi (Volunteer and Spoke Person Wardah), Khalid Alwalid (Founder and Chairman of Philandure), Titi Moektijasih (Humanitarian Affairs Analyst UN OCHA), Surya Rahman Muhammad (Executive Director HFI), dan Muhammad Amin selaku relawan kemanusiaan.

Seusai sukses menggelar webminar internasional, DMC mengajak relawan dan masyarakat untuk turut dalam aksi lingkungan yang berjudul “Memerdekakan Sungai dari Sampah” di sungai sekitaran Perumahan Ciputat Baru,Kel.Sawah, Kec.Ciputat, Tangerang Selatan pada Minggu lalu (22/8/2021). Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, relawan dan masyarakat sekitar antusias dalam membersihkan sungai dari sampah-sampah yang bertebaran. Penanaman tumbuhan obat-obatan keluarga.

Acara ini disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan yaitu Bapak Drs. Toto., M.Si. Sekretaris Camat Kecamatan Ciputat Bapak H. Ali Akbar St., M.Si dan Sekretaris Kelurahan Sawah, Bapak Dedi Zupriadi., S.Sos.

Lalu tidak cukup sampai sana, DMC menggelar lomba hingga 31 Agustus 2021 yang bertajuk “Humanitarian Artwork Contest” dengan tema Kerelawanan. Lombaini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Bagi individu yang ingin mengikuti lomba ini turut mendaftar melalui tautan https://bit.ly/ArtworkContestDMC . Jenis karya yang dilombakan berupa ilustrasi gambar, lukisan, sketsa, dan komik strip. Karya dikirimkan melalui unggahan posting melalui akun pribadi peserta dengan mencamtumkan hashtag: #HumanitarianConnects #HumanitarianArtworkContest #KolaborAksiBangunNegeri #BerdayaHadapiBencana #DisasterManagementCenter #DompetDhuafa #DMCDompetDhuafa.




Terakhir DMC juga dukung vaksinasi gratis dengan total penerima manfaat mencapai 1000 orang. Adapun vaksinasi ini buah kolaborasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (KemenPPPA) dan dilaksanakan di Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Timur (20/8/2021).“Jangan sampai jabatan, ambisi, pekerjaan, ataupun hal lainnya membuat kita lupa akan tujuan hidup yang sebenarnya: keselarasan hidup antara lingkungan dengan manusia dan manusia dengan manusia lainnya serta keseluruhan ekosistem lingkungan hidup,”pungkas Ahmad Lukman selaku Manager Risk Reduction DMC Dompet Dhuafa. ( Salma

TrendingMore