Berita TerbaruInternasional

KJRI Jeddah dan Masyarakat Sambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Jurnal.5
Sabtu, 21 Agustus 2021, 23:16 WAT
Last Updated 2021-08-21T16:16:06Z



JEDDAH— Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah membangkitkan semangat masyarakat WNI di Arab Saudi untuk bersama-sama menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satunya adalah persiapan pelaksanaan upacara pengibaran bendera dengan melakukan serangkaian latihan bagi tim yang bertugas, di antaranya Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Anggota Paskibra dipilih dari kalangan siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) yang saat ini dibatasi menjadi 6 orang dari 32 personel pada masa normal. Pasalnya, upacara pengibaran bendera saat ini dilaksanakan secara minimalis karena berlangsung di tengah pandemi.

Biasanya, anggota Paskibra rajin berlatih sebagai kegiatan rutin ekstrakurikuler sekolah. Namun, karena adanya pengetatan pergerakan orang selama pandemi, para anggota Paskibra harus berlatih lebih keras mulai dari awal, setidaknya tiga kali dalam sepekan selama sebulan, di tengah suhu yang menyengat.

Paskibra HUT ke-76 RI yang berjumlah 6 orang dikukuhkan oleh Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono pada Jumat malam, 13 Agustus 2021 di Balai Nusantara Wisma Konjen RI. Pasukan ini akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-76 RI yang diselenggarakan Selasa, 17 Agustus 2021, di halaman Balai Nusantara.

Di sela sambutannya, Konjen RI membangkitkan semangat para anggota Paskibra agar bangga memperoleh kepercayaan untuk melaksanakan tugas mulia tersebut. Namun, sebagai pelajar, Konjen RI berharap para anggota Paskibra tidak hanya sukses melaksanakan tugas, tapi juga gemilang dalam prestasi belajar.

Semangat menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI juga dirasakan di ruang pelayanan Gedung Pelayanan Terpadu KJRI Jeddah, saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dinyanyikan secara bersama-sama pada Minggu, 15 Agustus 2021. Sebelum pelayanan dimulai, seluruh staf yang mengenakan seragam dan berkopiah hitam dan penerima pelayanan pada hari itu diminta agar berdiri dengan sikap sempurna dan turut menyanyikan lagu kebangsaan RI.

Dekorasi merah putih, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya menghiasi sisi dalam ruang pelayanan, gerbang utama dan akses masuk ke areal kompleks KJRI Jeddah dan Balai Nusantara Wisma Konsul Jenderal RI Jeddah.





Tim khusus juga diterjunkan ke sejumlah toko milik WNI yang menjual produk-produk Indonesia dan rumah makan yang menyajikan masakah Indonesia untuk memasang asesoris khas berlogo peringatan HUT RI ke 76, seperti poster berukuran bendera mini yang digantung di plafon.

Tak ketinggalan, rumah makan yang menyajikan masakan Indonesia juga turut memberikan diskon khusus untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.(Fauzy Chusny) 

TrendingMore