Daerah

Disnaker dan BNNK Ciamis Laksanakan Kegiatan PBK Tahun 2021

Jurnal.5
Selasa, 07 September 2021, 09:02 WAT
Last Updated 2021-09-07T02:02:00Z

Jurnal5: Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, melaksanakan Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), Program Mobile Training Unit (MTU) Tahun Anggaran 2021, untuk kejuruan pembuatan Roti, dan Kue.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Nusarasa, Desa Kawalimukti, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (06/09/2021).

Pembukaan kegiatan pelatihan dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, Kepala BNNK Ciamis, Camat Kawali, yang diwakili oleh Kasi Perekonomian, Kasubbag Umum BNNK Ciamis, Kasubbag Tata Usaha UPTD KLK Disnaker Kabupaten Ciamis, Perwakilan dari Desa Kawalimukti, serta Pimpinan Ponpes Nusarasa, Desa Kawalimukti, serta Instruktur Pelatihan.

Dari 16 orang peserta yang ikut pelatihan berasal dari wilayah Kecamatan Kawali, diantaranya merupakan mantan pecandu narkoba, yang sudah mengikuti program rehabilitasi sebelumnya.

Pelatihan untuk kejuruan Pembuatan Roti, dan Kue ini, akan dilaksanakan selama 22 hari yang akan dibimbing oleh instruktur dari UPTD.

Menurut Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., mengucapkan terimakasih, sekaligus mengapresiasi kepada Dinas Tenaga Kerja, atas dilaksanakan pelatihan ini.

Pelatihan ini merupakan kolaborasi dalam memberikan upaya pemulihan produktivitas, menyiapkan calon tenaga kerja, juga merupakan kelanjutan dari program rehabilitasi, yang sebelumnya telah diikuti oleh para mantan pecandu.

“Ini masuk kedalam Program Pasca Rehabilitasi dimana mereka diberikan keterampilan khusus guna memberikan pengetahuan, dan keterampilan, sehingga kedepannya siap terjun di tengah masyarakat kembali berproduktif," ucap Engkos.

“Dampak narkoba itu meliputi beberapa dimensi diantaranya dapat merusak produktivitas seseorang, maka melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan nilai produktivitas yang bermanfaat bukan hanya bagi dirinya sendiri, namum bisa dirasakan oleh orang lain sekitarnya lebih-lebih oleh masyarakat luas,"pungkas Engkos.

Terpisah Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, Asep Dedi Herdiana, S.E., mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini, berpesan kepada para peserta untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh, manfaatkan kesempatan yang berharga ini, sehingga nantinya akan menghasilkan output yang bermanfaat bagi diri, dan masyarakat luas.


“Tujuan pelatihan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja, dan produktivitas kepada calon tenaga kerja, meningkatnya kemampuan calon tenaga kerja dalam rangka penyiapan tenaga kerja yang siap pakai,"jelas Asep.

“Kedepan tantangan akan lebih berat, makanya pelatihan ini untuk memberikan persiapan untuk mampu bersaing dengan yang lain. Dalam pelatihan ini coba membuat makanan yang kekinian serta mampu bersaing dengan jenis makanan lainnya,"pungkas Asep.


Laporan: Baehaki

TrendingMore