Ragam

Varian Baru Jenis Narkoba, Begini Penjelasan BNNK Ciamis

Jurnal.5
Kamis, 09 September 2021, 07:33 WAT
Last Updated 2021-09-09T00:33:45Z

Jurnal5: Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), penggiat Pencegahan, dan Pemberantasan Penyalahgunaan, serta Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Di Lingkungan Pendidikan.

Kegiatan tersebut belangsung di Tulip Meeting Room Hotel Santika, Tasikmalaya.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu mulai dari Tanggal 08 sampai dengan Tanggal 09 September 2021.

Bimtek sendiri diiuti oleh sebanyak 20 orang peserta, perwakilan dari guru-guru BK/Kesiswaan SMPN 1Ciamis, SMPN 2 Ciamis, SMPN 1 Baregbeg, SMPN 1 Baregbeg, SMPN 1 Cipaku, SMPN 1Sadananya, SMPN 1 Cisaga, SMPN 1 Kawali, MTsN 1 Ciamis, MTs Al-Fadiliyah Darussalam, MTsN 4 Buniseuri, MTsN 16 Bangunharja, SMAN 1 Ciamis, SMAN 2 Ciamis, SMAN 3 Ciamis, SMAN 1 Baregbeg, MAN 1 Darussalam, SMKN 1 Ciamis, SMKN 2 Ciamis, SMKN 1 Kawali, dan SMK PGRI Cikoneng.

Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., mengungkapkan bahwa kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan, serta menumbuhkan pemahaman, dan pengetahuan bagi para penggiat P4GN di lingkungan pendidikan khususnya, guna mensinergikan program pemberdayaan masyarakat dalam upaya P4GN.

"Terima kasih kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan, yang telah hadir, dan tidak bosan-bosannya untuk mendorong upaya P4GN di lingkungan pendidikan, serta tetap berkomitmen untuk melaksanakan pencegahan narkoba", ucap Engkos

“Kita bersama-sama menjalin kemitraan dan menumbuhkan komitmen yang kuat dengan stakeholder terkait dalam hal ini lingkungan pendidikan untuk menanggulangi serta berupaya menekan tingkat penyalahgunaan narkoba”, ujar Engkos.

"Adanya varian baru dari jenis narkoba yang terus bertambah yang mendorong kita untuk tetap waspada dan berupaya bagaimana melindungi lingkungan pendidikan dari bahaya narkoba",ungkap Engkos

“Kedepannya diharapkan para pendidik dapat bekerjasama menjalin kemitraan dengan BNN guna menggelorakan dan melakukan upaya-upaya pencegahan untuk menjaga serta menyelamatkan masa depan generasi penerus bangsa dari bahaya narkoba”, pungkas Engkos

Sementara menurut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Jawa Barat, Ir. Herry Pansila, M.Se., yang turut hadir dalam pembukaan, berharap para peserta bisa menjadi mitra, dan kepanjangan tangan BNN untuk dapat menggerakkan warga Sekolah untuk ikut berperan aktif dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba.

Sehingga dapat mewujudkan lingkungan pendidikan yang bersinar (Bersih Narkoba), serta mampu membentuk karakter siswa yang kuat yang bebas dari Narkoba.


Tidak hanya itu, Herry pun menghimbau kepada para peserta untuk terus menyampaikan langkah-langkah pencegahan diantaranya bisa melalui mengintegrasikan bahan ajar tentang bahaya narkoba dengan pelajaran lain.

“Juga bisa melalui pemasangan spanduk himbauan yang isinya bertemakan jauhi narkoba, berprestasi tanpa narkoba", tuturnya.


Laporan: Baehaki

TrendingMore