DaerahSorot

VIRAL!!! APA YANG DI LAKUKAN MANTAN KETUA DPRD KABUPATEN SUBANG !!!LAGI LAGI JURNALIS DI PERSEKUSI

Jurnal.5
Minggu, 12 September 2021, 18:59 WAT
Last Updated 2021-09-12T11:59:28Z


Jurnal5.com Tujuan akan meliput kegiatan pertemuan masyarakat di balai musyawarah dusun Majasari Desa Pagon Kec.Purwadadi, seorang Jurnalis Lampusatu.com diusir oleh Mantan ketua DPRD Subang, Ir. Bambang Herdadi, kejadian Sabtu (11/09).

Sesuai pengakuan jurnalis Lampusatu.com, Suhendar yang akrab disapa Cicay menjelaskan, atas informasi dari sejumlah pihak ada kegiatan pertemuan masyarakat di balai musyawarah tersebut, namun tak diduga dalam kegiatan tersebut ada mantan Ketua DPRD Subang, Bambang Herdadi, yang  tiba-tiba Bambang Herdadi sambil bersuara keras langsung mengusir jurnalis tersebut, yang intinya Bambang Herdadi melarang kegiatan tersebut diliput wartawan. 

"saya datang sekira jam setengah sepuluh, setelah masuk balai musyawarah langsung dibentak dan diusir oleh Bambang untuk keluar balai,"jelas Cicay kepada Penakasus, minggu (12/09) di padepokan Raider Cobra Pantura Pimpinan Dauscobra. 
Saat itu, dilanjutkan Cicay, bahwa dirinya meliput kegiatan tersebut ada kaitannya dengan pembangunan lapangan putsal yang dibangun diatas tanah milik masyarakat yang selama ini dijadikan pasilitas umum/lapangan untuk tempat berbagai kegiatan masyarakat termasuk kegiatan hari-hari besar dan kegiatan pilkades. 
"sesuai hasil konfirmasi dengan Kadus dan masyarakat bahwa tanah yang digunakan untuk pembangunan adalah tanah milik bersama, karena tanah tersebut dibeli dengan hasil rereongan (iuran) masyarakat Majasari,"ucap Cicay. 

Menurut Ketua Umum Ormas Gival, Dauscobra mengecam perilaku Mantan Ketua DPRD Subang semasa Bupati Eep Hidayat, Bambang Herdadi, bahwa tindakan Bambang Herdadi telah menghalangi fungsi kontrol jelas telah melanggar UU pokok Pers no 40 Tahun 1999 tentang Pers, yakni termaktub dalam BAB.VIII pasal 18 setiap orang yang secara melawan hukum debgan sengaja nelakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp.500juta.
"dalam UU pokok pers pada pasal 4 ayat 1 sampai dengan ayat 4, mengatur tentang kebebasan pers, namun tidak harus mengabaikan etika sebagai warga negara yang baik, dan jika benar Bambang Herdadi terbukti menghalang-halangi tugas Pers, tentunya kawan-kawan korban persekusi wajib lapor polisi, dan kami telah persiapkan tim advokasi untuk mendampingi kawan-kawan,  dan telah siap melakukan gerakan aksi demo jika jurnalis korban persekusi tidak mendapatkan keadilan,"ujar Dauscobra. 

Adapun persoalan pembangunan proyek lapangan putsal kalau benar dibangun diatas tanah pasum yang dibeli hasil rereongan masyarakat itu persoalan lain, yakni kami akan membentuk tim investigasi untuk mencari bukti dan mengungkap fakta yang sebenar-benarnya agar situasinya menjadi terang benderang dan tidak terjadi komplik berkepanjangan. Namun yang menjadi pertanyaan, Bambang Herdadi kapasitasnya sebagai apa dalam proyek tersebut, kalau benar proyek tersebut adalah berasal dari aspirasi anggota DPRD, dan mestinya anggaran itu masuk ke anggaran bantuan desa yakni,Bandes yang tentunya dilaksanakan oleh aparatur desa setempat berikut mitranya (BPD & LPM).
"kalau Bambang Herdadi tidak ada kepentingan dengan proyek tersebut, ngapain harus marah-marah dan menghalangi tugas jurnalis, ada apa dengan Bambang Herdadi ??,"tegas Dauscobra. 

Adapun kejadian sebelumnya, Kamis, (9/9) seorang jurnalis Nusantara.com, Merwan mengaku sempat diundang oleh anggota DPRD subang Robert sekaligus anak Bambang Herdadi, Merwan memenuhi undangan tersebut bertempat di kolam renang Citapen, Merwan mengaku bukannya ditemui Robert, akan tetapi dihadapi oleh Bambang Herdadi. Dalam pertenuan tersebut, aku Merwan, bukannya komunikatif akan tetapi Merwan mendapat bentakan dan marahnya Bambang Herdadi yang saat itu sambil mengebrag-gebrag neja dan merebut HP milik Merwan, "untung saya sempat merekam suaranya, "aku Merwan ketika dikonfirmasi melalui nomor kontaknya. ( Redaksi)

TrendingMore