BudayaRagam

HUT Indramayu ke 494, Disbudpar Selenggarakan Pentas Seni Wayang Kulit Virtual

Jurnal.5
Sabtu, 09 Oktober 2021, 09:33 WAT
Last Updated 2021-10-09T02:33:34Z


Indramayu - Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Budaya dan Pariwisata mempersembahkan pagelaran seni budaya Wayang Kulit dalam rangka Dirgahayu Indramayu ke 494.


Pagelaran Wayang Kulit tersebut disiarkan langsung melalui streaming atau virtual dan pementasan berlangsung di Gedung Kesenian Mama Soegra di Jalan Veteran No.3 Lemah Abang Indramayu, Jumat malam (08/10/2021).


Pertunjukan wayang mengambil lakon 'Srikandi Dadi Raja' dibawakan oleh Wayang Kulit Panji Suara dengan Ki Dalang H. Suparma dari Desa Tambi Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu.


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Indramayu, H. Carsim mengatakan acara pagelaran wayang kulit malam ini adalah persembahan anak cucu Indramayu yang bersyukur diberi nikmat kesehatan dan nikmat rejeki.


"Meski beberapa minggu lalu sudah turun levelnya dari PPKM kini naik ke level 3. Namun Insya Allah akan dimudahkan kembali jalan rejekinya untuk terus membangun kesehatan rakyatnya serta kabupaten Indramayu mencapai Indramayu yang Bermartabat dibawah kepemimpinan Bupati Ibu Nina Agustina dan Bapak Wakil Bupati Lucky Hakim," ungkapnya.


Dia mengatakan dengan pertunjukan wayang ini adalah langkah untuk masyarakat agar ikut melestarikan peninggalan warisan budaya leluhur.


"Kesenian wayang yang digelar malam ini dengan memilih dalang unggulan kabupaten Indramayu H. Suparma bertujuan agar masyarakat Indramayu baik muda maupun tua gemar kepada pertunjukan warisan budaya leluhur dan terus melestarikan kesenian wayang ini," kata dia.



"Selain karena kesenian yang luhur filosofinya juga merupakan warisan leluhur yang harus tetap dijaga," sambungnya.


Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Indramayu juga memberikan penghargaan kepada Ki Dalang H. Suparma karena sudah turut serta melestarikan budaya leluhur dan telah berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Indramayu ke 494.( Wawan )

TrendingMore