Ragam

Jenguk 30 ODGJ, Dinsos & Dinkes Kab.Tangerang Sambangi Direktur dan Ruang Rawat RSJMM

Jurnal.5
Jumat, 12 November 2021, 09:36 WAT
Last Updated 2021-11-12T02:36:05Z

*Selasa, 09 November 2021.*
Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Banten, menjenguk 30 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang sedang menjalani pengobatan di RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, yang dirawat sejak 26 Oktober 2021 yang lalu, melalui kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang berhasil memeriksa dan mengevakuasi 30 ODGJ berat Se-Kab.Tangerang untuk dilakukan perawatan, pengobatan dan rehabilitasi di RSJMM selama 3 minggu lebih. Selain itu juga Dinsos dan Dinkes Kab.Tangerang  sambangi direksi RSJMM, Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dan Ruang Perawatan Jiwa di RSJMM yang berlokasi di Jl.Dr. Sumeru No.114 Bogor 16111, untuk melakukan silaturahmi dan mendapatkan dukungan terhadap penanganan ODGJ di Kab.Tangerang Banten.



Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang : dr. Rahmi Handayani, Sp.KJ., MARS, yang didampingi oleh Ns. Aep Sumarna, S.Kep, sebagai Sub Koordinator Penunjang, menerima kunjungan dari Kab.Tangerang dan berkomitmen untuk mendukung upaya pelayanan kesehatan jiwa oleh Kab.Tangerang, "Kami RSJMM mendukung upaya pelayanan kesehatan jiwa, dan menghimbau bahwa penanganan 30 ODGJ di RSJMM, bukan akhir dari penanganan, tapi awal dari pemulihan ODGJ, melalui produktifitas dan kemandirian di masyarakat".
Ujat Sudrajat, sebagai Kepala Dinas Sosial Kab.Tangerang, mengapresiasi pelayanan kesehatan jiwa masyarakat oleh tim RSJMM, untuk evakuasi 30 ODGJ Berat dari Kab.Tangerang dan ingin komitmen ini terjalin lebih baik lagi, "Kami datang ke RSJMM selain untuk menengok 30 ODGJ yang sedang dirawat, juga untuk lebih meningkatkan kerjasama agar lebih baik lagi kedepannya".
Sementara dr. Dewi Yuliana lestari, MKM., sebagai Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan jiwa di Dinkes Kab.Tangerang, mengharapkan dukungan dari RSJMM, agar pelayanan kesehatan jiwa Kab.Tangerang lebih maju, "Dinkes mengucapkan terimakasih terhadap dilakukanya Evakuasi dan Perawatan 30 ODGJ Berat Kab.Tangerang, dan mohon dukunganya kepada RSJMM, dan siap menerima kembali ke-30 ODGJ ke Kab.Tangerang".


Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Penanggung Jawab Lintas Sektor RSJMM yang menjadi fasilitator kunjungan, didampingi oleh Natalia Rizky, S.Sos, menemani Dinsos dan Diknes Kab.Tangerang menjenguk ke-30 ODGJ yang sedang menjalani perawatan, pengobatan serta rehabilitasi di RSJMM, yang diwakili oleh Ruang perawatan jiwa Yudistira. Tatap muka, komunikasi dan interaksi langsung dilakukan antara Dinsos dan Dinkes dengan pasien yang sedang dirawat, sambil mendapatkan penjelasan dari Ibu Dedeh sebagai Perawat Senior di Ruang Yudistira, tentang berbagai terapi dan aktifitas pasien yang dilakukan selama menjalani perawatan di RSJMM. Rabu, 17 November 2021 mendatang, ke-30 ODGJ tersebut, akan selesai menjalani perawatan di RSJMM, dan akan dipulangkan untuk diserah terimakan kembali ke Kab.Tangerang, untuk menjalani penanganan paska rawat RSJMM berupa minum obat dan kontrol secar teratur, sebelum kembali lagi ke tengah tengah masyarakat agar dapat pulih, produktif dan mandiri.

TrendingMore