Berita Polri

Kabid Linmas dan Sumber Daya Aparatur Satpol PP Kab.Cirebon Apresiasi Pilwu Serentak Th 2021 Berjalan Sukses dan Kondusif

Jurnal.5
Senin, 22 November 2021, 14:25 WAT
Last Updated 2021-11-22T07:25:31Z


Cirebon, - Sebanyak 135 desa di Kabupaten Cirebon pada Minggu (21/11/2021) melaksanakan pemilihan kuwu (pilwu) secara serentak. 

Untuk mengetahui pelaksanaan pilwu berjalan lancar dan kondusif, Sisyanto Kabid Linmas dan Sumber Daya Aparatur  Satpol PP Kab. Cirebon bersama Unsur TNI Dari Kodim 0620/Kab.Cirebon, Dan Den Pom, Polres Cirebon kota, Polresta Cirebon , Brimob Detasemen C Pelopor dan perwakilan unsur Forkopimda serta unsur dinas terkait lainya secara bersama melakukan monitoring patroli pelaksanaan pilwu secara serentak di tiap tiap Desa dari wilayah Jona Tengah, Barat, Timur dan wilayah Utara Kabupaten Cirebon. Minggu (21/11/2021). 

Sisyanto Kabid Linmas dan Sumber Daya Aparatur Satpol PP Kab. Cirebon menjelaskan, dalam pelaksanaan monitoring bersama unsur Forkopimda ini untuk memastikan pelaksanan pilwu serentak berjalan lancar dan kondusif, serta penerapan protokol kesehatan diterapkan saat pelaksanaan pencoblosan pilwu berlangsung, selain itu, juga Personil TNI - Polri dan Satpol PP disiagakan tiap tiap Desa untuk memonitoring dan PAM  per/TPS masing masing Desa, Ujarnya. Saat dikonfirmasi awak media pada senin (22/11/2021) 


Menurutnya,  masyarakat yang akan melakukan penyoblosan ke TPS dilakukan pengawasan oleh Personil Satpol PP dan Pihak Kepolisian serta dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis. 

"Kami ingin dalam pelaksanaan pilwu ini jangan sampai ada peningkatan Claster kasus Covid-19," Harapnya. 


Pihaknya juga berpesan kepada para kuwu dan masyarakat agar bisa menjaga kondusivitas wilayah daerah masing masing, Karena ini merupakan ajang demokratis ditingkat desa. 

"Pilwu ini merupakan salah satu bentuk demokrasi di tingkat desa, jalani dengan baik Dan yang menang diharapkan para simpatisanya jangan pawai berlebihan (Youforia), bagi yang kalah tentunya harus bisa legowo. Karena ini  sebuah proses Demokrasi, menang pasti ada, kalah juga pasti ada. Khususnya bagi yang menang harus bisa merangkul semua masyarakat demi menjaga kondusifitas wilayah desa itu sendiri," kata Sisyanto. 

" Kami sangat Apresiasi kepada unsur TNI Polri dan Dinas terkait lainya sehingga dalam pelaksaaan Pilwu serentak Tahun 2021 ini berjalan lancar, sukses dan kondusif, semoga ini menjadi acuan kita dalam pilwu kedepan lebih baik lagi, Tandasnya. 

"Alhamndulillah" partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pilwu 2021 ini cukuplah tinggi. Bahkan, bisa mengalahkan partisipasi saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). 

"Kami melihat antusiasme masyarakat sangatlah tinggi di pilwu ini, bahkan sampai 80 persen. Karena pilwu ini mengandung unsur kedekatan dan keluarga sehingga partisipasinya sangatlah tinggi untuk menghasilkan kuwu yang berkualitas yang nantinya pembangunan desa bisa dirasakan oleh masyarakat desa itu sendiri, " Katanya. 


Sisyanto menambahkan" pemilihan kuwu (pilwu) di Kabupaten Cirebon sangatlah besar karena ada 135 desa yang melaksanakan Pilwu serentak. 

"Kita juga mencatat bahwa pemilih di Kabupaten Cirebon satu desa sampe lima ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT). Oleh karena itu, kami berharap banyak dalam pelaksanaan pilwu ini akan baik dan menghasilkan pemimpin yang baik Dan amanah," Harapnya. 

Selain itu, kata Kabid Linmas Dan Sumber Daya Aparatur Satpol PP , ada beberapa kesuksesan dalan pelaksanaan pilkades maupun pilwu itu sendiri. 

"Pertama sukses dalam demokrasi   didalam pelaksanaan Pilwu 2021 ini. Kedua sukses dalam pengamanan dengan unsur TNI-Polri Dan Satpol PP serta unsur lainya bersinergis Dan terjalin dengan baik, yang ketiga, sukses dalam kesehatan, karena kita masih dalam masa pandemi Covid-19," Tambah Sisyanto Kabid Linmas dan Sumber Daya Aparatur Satpol PP Kabupaten Cirebon.




Laporan: Wadira

TrendingMore