Berita Polri

Kapolresta Cirebon Pastikan Pilwu Serentak Berjalan Kondusif dan Sesuai Prokes

Jurnal.5
Minggu, 21 November 2021, 19:55 WAT
Last Updated 2021-11-21T12:55:49Z

POLRESTA CIREBON - Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, memastikan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021 di Kabupaten Cirebon berjalan aman, lancar dan kondusif.

Bahkan, pihaknya memastikan pesta demokrasi tingkat desa tersebut tidak hanya aman secara kondusivitas, tetapi juga aman secara kesehatan karena menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami bekerja sama dengan semua unsur dalam menyiapkan SOP seluruh tahapan pilwu dari mulai penjaringan calon hingga pemungutan suara, bahkan termasuk pascanya juga disiapkan," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, saat ditemui usai meninjau Pilwu Serentak di Desa Wanayasa, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon.

Ia mengatakan, dalam proses pemungutan suara pilwu juga dilaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Nantinya, warga yang telah memberikan hak suaranya dapat mengikuti vaksinasi dosis pertama maupun kedua di gerai yang tersedia.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan skema pengamanan secara kanalisasi di tingkat polsek dan rayonisasi di beberapa titik. Para personel di siagakan di Arjawinangun, Gempol, Weru, Talun, dan Pangenan.

"Jarak tempuh di Kabupaten Cirebon cukup jauh sehingga kami siapkan skema rayonisasi untuk mendekatkan pasukan pengamanan di titik-titik siaga. Kami juga melaksanakan pengamanan secara mobiling dengan berpatroli untuk memberikan jaminan keamanan selama pilwu," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. 

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, didampingi Wakapolresta Cirebon, AKBP Teguh Triwantoro, S.I.K, M.H, beserta jajaran PJU Polresta Cirebon meninjau pemungutan suara Pilwu Serentak 2021 di sejumlah desa.

Di antaranya, Desa Wanayasa Kecamatan Beber, Desa Gemulungtonggoh Kecamatan Greged, Desa Belawa Kecamatan Lemahabang, Desa Damarguna Kecamatan Ciledug, dan Desa Mandala Kecamatan Dukupuntang.

Mereka menyambangi tiap TPS di desa-desa tersebut kemudian memantau langsung proses pemungutan suara pilwu dan penerapan protokol kesehatannya. Selain itu, pengecekan kesiapan personel yang diploting di tiap desa juga turut dilakukan.

"Seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon yang hari ini mengikuti pilwu mari sama-sama sukseskan dengan animo tinggi, patuhi prokes, dan jaga kondusivitas sehingga kamtibmas tetap berjalan aman," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Laporan : Sana

TrendingMore