Berita TerbaruRagam

Ketua PJI Cianjur Kecam Keras Atas Wartawan dilarang Meliput

Jurnal.5
Minggu, 14 November 2021, 06:54 WAT
Last Updated 2021-11-13T23:59:20Z


JURNAL5.COM | Wartawan dilarang saat hendak meliput pada acara penanaman pohon yang dilakukan pihak Pembangkit Jawa Bali ( PJB ) yang dilaksanakan di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta Jumat, ( 13/11/21).

Pelarangan liputan ini dikecam oleh Ketua Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Kabupaten Cianjur.

Wartawan yang hendak meliput tersebut, dilarang oleh salahseorang sedang acara berlangsung, dengan nada, '' tolong jangan diliput, ambil Foto atau di rekam sambil menegur salahsatu wartawan dari media Online yang sedang liputan'' katanya. 

"senada dikatakan lagi, Ijin kang jangan direkam yah nanti saja minta dari humas," kata orang tersebut.


Ketua PJI Cianjur Kusnandar mengecam tindakan pelarangan liputan wartawan oleh oknum tersebut karena Wartawan berhak meliput sebuah peristiwa berdasarkan ketentuan pasal 4 dan pasal 6 UU Pers. Kalau ada pelarangan peliputan terhadap wartawan, maka yang melarang berpotensi melanggar UU Pers,” kata Kusnandar kepada wartawan.

Kata Kusnandar, pelarangan terhadap wartawan dengan alasan yang tak jelas, bisa dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang Pers. Mulai dari sanksi pidana penjara, hingga denda. Menurut dia, oknum yang melarang meliput tersebut  bisa dilaporkan secara pidana, karena diduga kuat melanggar UU Pers. (Red




TrendingMore