DaerahRagam

Para Petani Adu Domba Kembali Adu Ketangkasan

Jurnal.5
Minggu, 14 November 2021, 12:13 WAT
Last Updated 2021-11-14T06:28:36Z


CIANJUR JURNAL5.COM
Dalam rangka meningkatkan potensi Desa kutawaringin kecamatan mande kabupaten cianjur, gelar adu ketangkasan domba garut di lapangan Desa kutawaringin.

Acara ini untuk memancing para petani domba khusunya masarakat Desa kutawaringin, karena masyarakat kutawaringin sangat berkompeten dalam pengurusan domba garut dari mulai anak hingga sampai bisa di uji ketangkasanya.

kepala Desa kutawaringin Heri juhaeri menjelaskan pada awak media jurnal5.com, bahwasanaya dengan di laksanakanya uji ketangkasan domba ini, tak lain adalah untuk menggali potensi Desa kutawaringin, fokusnya ingin mengembangkan bumDES di walayah Desa, karena masarakat kami di antaranya banyak yang menggemari peternakan di bidang domba garut, dari mulai anakan hingga menjadi induk semua itu di geluti oleh sebagian masarakat Desa kutawaringin, dari kandang hingga persediaan rumput pun di pasilitasi oleh kami dan masyarakat, pungkasnya.





Disisi lain ada pula masyarakat luar yang ikut gabung dalam uji potensi ke ahlian dombanya, Pk cacan dari Desa cikanyere yang selalu aktip dalam pemeliharaan domba garut, karena para pecinta dan penggemar domba garut bukan saja kalangan atas melainkan pula para petani domba.

Pasalnya domba garut yang berasal dari kota garut tepatnya limbangan ini, menjadi vavorit bagi orang sunda terutama penggemar, domba garut yang di sebut dalam bahasa latin ovis aries yang merupakan campuran hasil perkawinan antara domba lokal dengan domba jenis capstaad dari aprika selatan dan domba merino dari Australia.



Maka dari itu banyak para pecinta dan penggemar domba garut di setiap ploksok jawa barat, karena domba ini adalah di gemari sebagai warisan leluhur sunda, maka di bentuk dalam suatu wadah HPDKI.

Rafli hidayat.

TrendingMore