Ragam

Sudimampir Lor Salah Satu Desa Di Indramayu, Adakan Acara Adat Sedekah Bumi

Jurnal.5
Senin, 08 November 2021, 18:06 WAT
Last Updated 2021-11-08T11:06:36Z


Indramayu -  Adat istiadat sudah sepatutnya dilestarikan, biarpun zaman sudah maju seperti saat ini, manganan atau sedekah bumi merupakan salah satu budaya rakyat Indonesia, Pemdes Desa Sudimampir Lor Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu mengadakan acara Sedekah Bumi yang diikuti warga setempat dari berbagai kalangan.

Kegiatan yang diadakan di depan halaman Kantor balai desa, Kepala Desa (Kuwu) Sudimampir Lor dengan diadakannya pegelaran Seni Budaya Sanidiwara Indra Putra dan doa bersama untuk kemakmuran bumi di desa sudimampir lor dan seluruh kabupaten Indramayu, Senin 8/11/2021.

Ade Nanto Kepala Desa(Kuwu) dalam sambutannya menyampaikan bahwa “acara seperti ini wajib digelar sebagai acara tahunan warga desa dan harus kita jaga kelestariaanya agar kita semua bisa menghormati dari yang sudah kita dapatkan dari hasil panen sawah yang sudah bumi berikan ke kita”, Ujar Ade.

“Dan acara ini sudah dilakukan turun temurun, mulai dari nenek moyang terdahulu dan sudah menjadi agenda rutin tahunan didesa kami”

Kuwu juga meminta kepada warganya tetap menjaga kegiatan positif seperti ini, jangan sampai hilang dikemudian hari, untuk itu perlu adanya wawasan kepada anak-anak sejak dini, sehingga anak-anak tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif seperti bermain gadget secara berlebihan.

“Ini sudah seharusnya kita jaga, jangan sampai hilang, karena merupakan kegiatan positif, maka perlu diwariskan ke anak cucu kita,” Sambungnya dalam sambutan.

Dalam kegiatan Acara Sedekah Bumi Ade Nanto pun tetap mengingatkan kepada warganya agar tetap mematuhi prokes dimasa pandemi Covid-19 dan selalu menggunakan masker serta mencuci tangan setelah bersalaman menjaga jarak ketika melihat pegelaran seni budaya sandiwara yang diadakan oleh pihak pemdes dan masyarakat”, Pungkasnya.


Ditempat yang berbeda Ketua karang taruna, Mulyadi menjelaskan, para pemuda juga selalu antusias dan selalu membantu mensukseskan kegiatan seperti ini, mulai dari bersih-bersih, mempersiapkan tempat, hingga setelah acara selesai.

“Kami para pemuda selalu membantu mensukseskan acara sedekah bumi, mempersiapkan segala sesuatu sebelum hingga sesudah acara,” tutup pemuda yang menjabat sebagai ketua karang taruna Sudimampir Lor.(Wawan) 

TrendingMore