Ragam

Agustinus Nahak: Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2021, Semangat dan Tangguh Indonesiaku!

Jurnal.5
Minggu, 19 Desember 2021, 13:21 WAT
Last Updated 2021-12-19T06:21:49Z


Jakarta--Hari Bela Negara (HBN) yang diperingati setiap tanggal 19 Desember merupakan peringatan yang bersumber dari deklarasi Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI), yang dibentuk 19 Desember 1948 oleh Syafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat.

Untuk mengenang peristiwa bersejarah yang terjadi di Bukittinggi demi mempertahankan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka pemerintah menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Bela Negara. Hal itu juga mengacu kepada Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 2006.


"Peringatan tahun 2021, Hari Bela Negara memiliki tema "Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh". Pemilihan tema tersebut diharapkan dapat menyadarkan kita untuk memiliki rasa rela berkorban demi bangsa dan negara, dan tetap tumbuh bersama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju. "Ujar Agustinus Nahak, SH, MH Ketua Forum Bela Negara (FBN) DPD Bali kepada awak media di Jakarta, Minggu (19/12/2021)

"Bela negara bukan tugas TNI dan Polri saja, melainkan sebuah kewajiban bagi setiap warga negara. "Lanjutnya

"Terkait dengan situasi pandemi Covid-19 yang mengganggu berbagai aktivitas masyarakat. Hal ini diharapkan bisa menjadi pemacu semangat agar kita tidak berhenti berkreasi, berkarya, dan selalu berinovasi dalam kondisi seperti ini. "Papar Agustinus Nahak

"Perkokoh semangat bela negara dan bahu membahu, saling bergandeng tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19, agar kita tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa, "tegasnya

Laporan: Jalal

TrendingMore