Berita PilihanBerita Polri

Antisipasi banjir dimusim hujan, Pemdes Pegagan kidul bersama warga melakukan kerja bakti pembersihan sungai sriganala

Jurnal.5
Sabtu, 04 Desember 2021, 13:44 WAT
Last Updated 2021-12-04T06:51:03Z


Jurnal5 Com. Cirebon, - Mengantisipasi banjir dimusim peng hujan pemerintah desa bersama warga  pegagan kidul kecamatan kapetakan melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan aliran sungai sriganala, Sabtu (4/12/2021). 


Kegiatan kerja bakti dilakukan oleh warga melibatkan pemerintah desa pegagan kidul dipimpin pejabat kuwu Karyan didampingi bhabinkamtibmas Desa pegagan kidul dan anggota BPD Bp. Runata, serta warga setempat yang dimulai dari hari kamis kemarin, dengan menyasar aliran sungai sriganala untuk membersihkan sampah rumah tangga dan rumput liar eceng gondok. 


Pejabat kuwu Ds pegagan kidul Karyan mengatakan" Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin dimusim penghujan tiba dengan cara kerja bakti bergotong royong membersihkan sampah dan rumput liar disepanjang sungai Sriganala desa pegagan kidul. 


" Alhamndulillah dengan suka rela warga antusias memberishkan sampah maupun rumput liar seperti eceng gondok dan tumpukan sampah yang menyumbat disungai, kata Pejabat kuwu Desa pegagan kidul, Karyan. 


Karyan menambahkan, kegiatan bersih bersih sungai ini kita laksanakan rutin ketika musim hujan, untuk mengantisipasi terjadinya banjir. 


"Karena saat ini musim hujan jadi perlu dilakukan kerja bakti untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir. Dengan kita bersama Bergotong royong melakukan kerja bakti ini karena para petani desa pegagan kidul akan melakukan masa tanam atau penanaman padi, maka dari itu pihaknya bersama masyarakat dan para petani melakukan kerja bakti, dikarenakan sungai Sriganala ini banyak tumpukan sampah dan Rumput liar. 


Kami berharap agar pihak terkait, rutin melakukan pengerukan Normalisasi ujung sungai atau yang biasa disebut Lak aliran sungai arah ke laut yang kian dangkal akibat tanah tibul, Tambahnya Karyan.




Sementara itu ditempat yang sama, Anggota BPD Bp. Runata Mengatakan" Kegiatan kerja bakti ini sangat baik dan perlu partisipasi penuh oleh masyarakat dalam membangun kesadaran sosial perduli terhadap lingkungan, ujarnya


"Harapan kami agar Ada tindakan dari Dinas pertanian dan Pekerjaan Umum dan BBWSCC untuk segera melakukan Normalisasi Ujung Sungai muara Sungai Sriganala (Lak), Tegasnya




Laporan: Wadira

TrendingMore