Ragam

Duel RSJMM VS RSJ Provinsi Jabar, Hasilkan Komitmen Peningkatan Layanan Kesehatan Jiwa Untuk ODGJ

Jurnal.5
Rabu, 22 Desember 2021, 16:16 WAT
Last Updated 2021-12-22T09:16:07Z

Jurnal5- Senin, 20 Desember 2021.
RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor dan RSJ Provinsi Jawa Barat, berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan jiwa kepada ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan keluarga serta masyarakat, khususnya di Jawa Barat dan umumnya di Indonesia. Hal tersebut terungkap saat RSJMM disambangi rombongan dari RSJ Provinsi Jabar dalam acara Studi Banding Pelayanan Kesehatan Jiwa bersama RSJMM.
9 Petugas RSJ Provinsi Jabar yang terdiri dari : Kabid Perawatan, Kasi penunjang Non Medik, Seksi Keswamas dan PKRS, Kasi Mutu Keperawatan, Kasi Penunjang Medik, Kepala Instalasi Laboratorium, Kepala Instalasi Rontgen, Kepala Instalasi PKRS dan Psikiater, di terima di Ruang Rapat Papandayan, Lantai 2 Gedung Kantor Pusat Pelayanan Administrasi (KPPA) RSJMM, yang terletak di Jl.Dr.Sumeru No.114 Bogor 16111, yang disambut langsung oleh Direktur Utama, Para Direktur teknis, Para Kepala Bidang atau Koordinator, Para Kepala Seksi atau Sub Koordinator dan Para Kepala Instalasi terkait.

Direktur Utama RSJMM yaitu : Dr.dr.Fidiansjah, Sp.KJ., MPH, langsung menyambut kedatangan rombongan dari RSJ Provinsi Jabar, seraya mengucapkan terimakasih telah menjadi tujuan studi banding, 

"Selamat datang di RSJMM, terimakasih kami telah menjadi tujuan studi banding, dan semoga pelayanan kesehatan jiwa di jawa barat akan semakin baik".

Teti Komaryati, S.Kep, Ners, sebagai Kepala Bidang Perawatan, yang mewakili rombongan, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya, "Kami datang untuk melihat dan belajar berbagai layanan di RSJMM khususnya layanan PKRS   termasuk di dalamnya layanan kesehatan jiwa masyarakat "Outreach" yang sukses dilakukan RSJMM".
Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang, : dr. Rahmi Handayani, Sp.KJ., MARS, yang didampingi Direktur Perencanaan, Keuangan, dan BMN, yaitu : Evi Nursafinah, S.E., MPH dan Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan, dan Umum, yaitu : Heru Tri Subagyo, S.sos., MM,. menyampaikan pemaparan layanan kesehatan jiwa RSJMM dan target-target pelayanan yang ingin dicapai.

Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSJMM yaitu : Ns.I Ketut Sudiatmika, S.Kep, M.Kep. Sp.Kep.J. yang didampingi oleh Iyep Yudiana, SKM. MKM, sebagai Penanggung Jawab Program Lintas Sektor dan Integrasi, menyampaikan  pemaparan kesuksesan layanan Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat "SiOpA" yaitu Stategi Optimalisai Advokasi, yang diiringi dengan kegiatan "Outreach" atau Penjangkauan Evakuasi ODGJ, yang sukses mendapat Penghargaan sebagai Juara Terbaik dalam Layanan Inovatif Bidang Kesehatan Jiwa Masyarakat di Kementrian Kesehatan RI dan Sertifikat Piagam Penghargaan dari Dinkes, Dinsos, Lembaga, Panti dll di Jawa Barat dan Banten.


Survei lapangan dilakukan oleh rombongan RSJ Provinsi Jabar, dengan mengunjungi berbagai layanan penunjang di RSJMM, antara lain : Instalasi PKRS, Instalasi Radiologi, Instalasi Laboraturium, Laundri, Ruang rawat Komorbid, Ruang rawat PHCU, dll, sampai kegiatan ditutup secara resmi oleh Direktur Utama yang didampingi Para Direktur Teknis lainnya yang di pungkas dengan photo bersama dengan penuh keakraban.

Rombongan RSJ Provinsi Jabar kemudian bawa dan dijamu oleh tim PKRS RSJMM, untuk menikmati makanan kuliner khas bogor yaitu "Soto Mie Bogor" yang dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa titik pusat oleh oleh khas  Bogor untuk wisata belanja, seperti : Makaroni Panggang didaerah Taman Suryakencana, Asinan dan Roti unyil didaerah Gedung Dalam Sukasari Bogor, dengan penuh keakraban antar sesama Petugas Pelayanan Kesehatan Jiwa.


Laporan : Ivo/Deden

TrendingMore