Berita Jawa BaratDaerah

Tunjukan Rasa Syukur Atas Hasil Pertanian, Desa Sukareja Gelar Budaya Ruat Bumi

Jurnal.5
Sabtu, 11 Desember 2021, 16:16 WAT
Last Updated 2021-12-11T09:20:10Z

SUBANG, Jurnal5 - Sebagai ucapan rasa syukur atas hasil pertanian yang melimpah, warga desa Sukareja gelar budaya ruat bumi. Sabtu (11/12/2021).

Acara budaya ruat bumi dimeriahkan oleh arak-arakan hasil pertanian, tumpeng, dan diiringi musik jaipong khas kabupaten Subang.

Kepala Desa Sukareja Dedet Dartim mengungkapkan bahwa acara ini adalah bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas hasil pertanian warganya yang melimpah.

"Selain melestarikan budaya, acara ini juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan atas hasil panen yang kita terima," ungkap Dedet. 

Dedet juga mengatakan bahwa dengan acara seperti ini dapat mempererat tali silaturahmi antara staf desa dengan masyarakatnya.

"Dengan seperti ini, masyarakat bisa lebih kompak dan bergotong royong," katanya. 

Dedet juga berharap kedepannya hasil panen masyarakat desa Sukareja lebih meningkat.

"Semoga kedepannya masyarakat mendapatkan hasil yang lebih meningkat, dan saya harap pandemi ini segera berakhir agar masyarakat dapat beraktivitas normal sepenuhnya," imbuhnya

Sementara itu, H. Wastalim ketua BPD desa Sukareja mengaku bahwa pihaknya sangat mengapresiasi acara tersebut.

"Saya sebagai perwakilan masyarakat desa Sukareja sangat mengapresiasi  kepala desa yang telah melestarikan adat tradisi dan budaya kita, dan semoga kepala desa serta masyarakat dapat konsisten mempertahankan budaya seperti ini," pungkas Wastalim.


Laporan : Gilang Nugraha

TrendingMore