Ragam Peristiwa

WUJUDKAN LINGKUNGAN YANG BERSIH DAN SEHAT

Jurnal.5
Kamis, 09 Desember 2021, 08:41 WAT
Last Updated 2021-12-09T01:41:16Z

Jurnal5.com - Lingkungan yang bersih dan sehat menjadi keinginan dari semua orang. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat,kehidupan masyarakat akan terlihat nyaman.Karena lingkungan yang bersih dan sehat dapat memberikan dampak yang positif bagi kehidupan masyarakat.
Menjaga Kesehatan Lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada hamba-Nya, Kesehatan Lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar penyakit. Karena kesehatan tidak ternilai harganya. Terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika sakit kita baru sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.

Menurut Munadjat Danusaputro, lingkungan atau lingkungan hidup adalah semua benda dan daya serta kondisi, termasuk di dalamnya manusia dan tingkah-perbuatannya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad-jasad hidup lainnya.

Namun masih banyak orang yang kerap kali mengabaikan kebersihan lingkungan entah itu karena pekerjaan ataupun kesibukan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Terbukti banyak sekali masyarakat selalu membuang sampah di sembarang tempat tanpa memikirkan akibatnya.
Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa seolah tidak merasa bahwa tindakan mereka tersebut salah dan dapat merugikan lingkungan serta orang banyak.


Tak hanya menjadi penyebab lingkungan tidak sehat, membuang sampah sembarangan juga bisa menghambat aliran sungai, yang akhirnya memicu banjir bandang. Ketika sampah-sampah tersangkut, aliran sungai akan berhenti dan volumenya akan semakin membesar. Hal inilah yang berpotensi menimbulkan tekanan sangat besar. bukan hanya itu membuang sembarangan juga dapat menimbulkan sungai kotor ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penumpukan sampah dari limbah rumah tangga, limbah pabrik, dan pertanian. Selain tidak sedap dipandang, sungai yang kotor juga bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti gatal-gatal dan diare. Untuk itu, menjaga kebersihan sungai sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya.

Jika kondisi ini tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan bau busuk yang akan menimbulkan ketidaknyamanan pada warga sekitar sehingga menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat.
Banyak sekali penyakit yang disebabkan membuang sampah sembarangan seperti 
salmonellosis, shigellosis, keracunan makanan stafilokokus, infeksi kulit, dan tetanus. 

Untuk mengatasi atau mengurangi masalah diatas Manusia haruslah menjaga lingkungan agar ramah. Lingkungan yang sudah dirusak akan mengakibatkan beberapa dampak buruk bagi manusia. Buktinya sudah banyak terjadi di Indonesia. Banyak bencana alam yang disebabkan oleh rusaknya lingkungan.
Untuk mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan harus dimulai sejak dini. Penanaman sikap menjaga dan merawat lingkungan ditanamkan mulai dari anak-anak sebagai generasi bangsa.

Ada banyak Cara Mengatasi Dampak Kerusakan Lingkungan Hidup yang biasa anda lakukan. Untuk menanggulangi tentunya berbeda dengan pencegahan. Karena sudah terjadi maka harus ditanggulangi seperti Melakukan reboisasi di lahan gundul, Membersihkan sampah di selokan dan di sungai untuk mencegah banjir, Pembuatan terasering dan menanam pepohonan untuk mencegah longsor akibat erosi air, Menanam pohon bakau dan membuat tembok pemecah ombak di pantai untuk mencegah abrasi, Membatasi kegiatan eksploitasi sumber daya alam, seperti pembatasan penebangan hutan untuk kepentingan pribadi, Melaksanakan penebangan hutan dengan cara tebang pilih, dan Pengolahan limbah secara berkala agar tidak menyebabkan polusi.

Ada banyak manfaat dari  menjaga kebersihan lingkungan yaitu Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat, Lingkungan menjadi lebih sejuk, Bebas dari polusi udara, Air menjadi lebih bersih dan aman untuk diminum,  Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari dan tidak terjadi banjir.

TrendingMore