Ragam

Dinkes Cianjur Terbitkan Surat Edaran Kewaspadaan, Antisipasi Adanya Kasus Hepatitis Akut

Jurnal.5
Kamis, 12 Mei 2022, 09:23 WAT
Last Updated 2022-05-12T02:23:45Z


Cianjur Jurnal 5.Com// - Munculnya kasus terjadinya kematian akibat Hepatitis akut seperti yang dilansir kementerian kesehatan yang telah menemukan 17 kasus Hepatitis akut di Indonesia, 3 orang diantaranya meninggal dunia.

Bahaya hepatitis akut terhadap anak harus diwaspadai, seperti halnya Pemerintah, kabupaten Cianjur dalam hal ini Dinas kesehatan kabupaten Cianjur meningkatkan kewaspadaan terkait kasus tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Pencagahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Cianjur, dr.Hj, Frida Laila Yahya mengatakan walaupun di kabupaten Cianjur belum ada laporan adanya warga atau masyarakat yang terpapar hepatitis akut ini pihaknya telah melakukan kesiagaan atau kewaspadaan terhadap kasus ini dengan cara menerbitkan surat edaran kewaspadaan yang disampaikan keseluruh puskesmas dan rumah sakit di kabupaten Cianjur.

“Sebagai antisipasi dan kewaspadaan per hari ini Dinkes Cianjur telah mengeluarkan surat edaran kewaspadaan mengenai kasus Hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya,”kata dr Frida, saat melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi meningitis untuk calon jemaah haji di Puskesmas Cibeber, Rabu, (11/05/2022)

Frida menjelaskan bahwa surat edaran kewaspadaan tersebut intinya berisi apa dan bagaimana langkah- langkah dan tindakan yang harus dilakukan kalau ada masyarakat yang di duga terkena atau mengarah ke kasus hepatitis akut ini.

“Intinya disampaikan tentang bagaimana langkah dan tindakan yang dilakukan jika ada kasus yang mengarah ke penyakit tersebut,”

Lanjut Frida, Dinkes Cianjur tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan dan melakukan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai tindakan pencegahan, seperti mencuci tangan, dengan sabun, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, tidak melakukan kontak dengan orang sakit, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Dinkes Cianjur juga menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan dan melakukan perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai tindakan pencegahan.

Jika memiliki gejala hepatitis (sakit kuning, sakit perut, muntah-muntah, diare mendadak, buang air kecil dengan warna seperti teh pekat, buang air besar berwarna pucat, kejang, dan penurunan kesadaran), segerakan untuk periksa ke dokter, ” pungkasnya.


Laporan  : Budi Panca

TrendingMore