Berita TerbaruRagam

Cegah Musim Kemarau Dan Kekeringan BPBD Kabupaten Cianjur Berikan Bantuan 20 Beronjong Untuk Desa Kadupandak

Jurnal.5
Jumat, 12 Agustus 2022, 20:26 WAT
Last Updated 2022-08-12T13:26:31Z

Cianjur Jurnal 5.Com// – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Jawa barat memberikan bantuan berupa 20 buah bronjong ke Desa Kadupandak, Kecamatan Kadupandak, Rabu, (12/8/2022).

Pemasangan bronjong tersebut diharapkan mampu memperlancar aliran air, untuk pengairan sawah-sawah di wilayah Kadupandak seluas 20 hektare.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur H. Rudi Wibowo SKM MMkes Melalui Pelaksana JF Penanggulangan Kebencanaan BPBD Cianjur, Mumuh Parhamubin saat di temui di kantornya mengatakan, bahwa dengan dipasangnya bronjong, maka arus aliran air akan mengarah ke sawah-sawah warga.



“Hari ini sedang di lakukan pengerukan dan akan dilakukan pemasangan bronjong di kecamatan Kadupandak. Pengiriman 20 bronjong ke Desa Kadupandak,” katanya.

Pemberian dan pemasangan bronjong ini salah satu program dari BPBD Cianjur, agar tercegahnya kekeringan di area pesawahan warga, khususnya musim kemarau saat ini. Di mana saat ini pengerjaannya akan dilakukan dengan panjang 15 meter.

“Untuk pemasangan bronjong kali ini di kerjakan dengan panjang 15 meter, dan akan mengairi 20 hektare lahan sawah yang ada di Desa Kadupandak,” ujarnya.

Nantinya dengan pemasangan bronjong itu agar memperlancar arus aliran air di area persawahan.

Sementara itu Ucapan terima kasih dari warga masyarakat Desa Kadupandak melalui Kepala Desa atas bantuan Bronjong sebanyak 20 buah dari BPBD yang sudah terpasang hari ini di Hulu Irigasi Cipinggan Cibuni Desa Kadupandak Kabupaten Cianjur.



Bantuan 20 Buah Beronjong  Untuk Desa kami tersebut untuk Pengarah arus dan sekarang lagi dikerjakan dengan panjang 15 Meter, Yang akan mengairi sekitar 200 hektar lahan sawah yang ada di desa Kadupandak dengan tujuan di pasangnya Beronjong agar air biasa masuk ke irigasi Cipinggan Cibuni dikarenakan kemarin ada bencana banjir akhirnya saluran tertutup, dan Alhamdulillah Sekarang Beronjong sudah terpasang Air pun mengalir ke sawah Warga.

Laporan   : Budi Panca

TrendingMore