Barita TerbaruBerita Jabar

Kodim 0616 Indramayu Melakukan Sosialisasi Kepada Petani Desa Sanca

Jurnal.5
Selasa, 20 September 2022, 07:56 WAT
Last Updated 2022-09-20T00:59:51Z


Indramayu-Hal yang sering di lakukan para petani usai musim panen adalah membakar jerami, pengetahuan para petani abu hasil bakaran jerami tersebut dirasa berguna untuk menyuburkan tanah.Abu jerami juga dipercaya dapat membuat tanaman lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.


Namu yang terjadi justru Sebaliknya, jika jerami dibakar, tingkat absorpsi hara tanah dan kadar K (K20) akan semakin meningkat. Hal ini tidak baik bagi tanah dan akan menurunkan produktivitas tanaman padi.19/09/2022


Komando Resor Militer (Korem) 063 Sunan Gunung Jati bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0616 Indramayu, memberikan materi singkat berupa sosialisasi kepada sejumlah petani yang berada di Desa Sanca, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa barat.


Dandim 0616 Indramayu, letkol Arm Andang Radianto, melalui Danramil 1615 Haurgeulis, Kapten Inf Arifin, memberikan pengetahuan bahwa apa yang di lakukan para petani justru berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di lapangan. 


" Hal ini disebabkan karena tidak ada keseimbangan dalam tanah, di mana abu jerami sama sekali tidak menyebabkan adanya penambahan unsur hara Kalium ke tanah yang menyebabkan tanaman malah mudah terkena hama dan penyakit




Sosialisasi pelarangan membakar jerami, rumput atau berupa daun kering kepada petani ini mengingat bahwa lahan tersebut berada di sepanjang jalan area tol Cipali KM 129", kata Kapten Inf Arifin kepada warga bersama Dadang sebagai petugas unit patroli di tol Cipali.



Kegiatan sosialisasi itu di hadiri oleh Serka Hasrul, selaku Babinsa Sanca bersama Pkd Rest Area 130 Cipali Dpp.Wahyudin dan Hendi sebagai Kasun 4.dan beberapa warga sekitar,(Maskani)

TrendingMore